Kantong Kreatif Bacukiki Jadi Inovasi Terbaik Kategori Tata Kelola Pemerintahan Tingkat Kota Parepare

184

Parepare – Dalam lomba inovasi yang digelar oleh Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Kecamatan Bacukiki berhasil meraih inovasi terbaik pada kategori tata kelola pemerintahan, yang dilaksanakan di Ruang Pola kantor Walikota, Senin (17/12/2018).

Penyerahan trophy, piagam penghargaan dan uang pembinaan diserahkan langsung Walikota Parepare kepada Camat Bacukiki, yang didampingi oleh Wakil Walikota Parepare, setelah sebelumnya dilakukan penilaian yang terdiri dari tiga tahapan oleh tim penilai yang berasal dari P2KP LAN, yaitu tahap pemasukan proposal inovasi, tahap presentasi dan tahap verifikasi lapangan.

Inovasi Kecamatan Bacukiki melalui Kantong Kreatif Bacukiki, merupakan terobosan yang dilakukan untuk mendorong dan mengembangkan tumbuhnya potensi ekonomi kreatif sebagai salah satu pilar perekonomian, dengan menghimpun dan menampung seluruh potensi ekonomi kreatif yang tumbuh dimasyarakat Bacukiki dalam sebuah aplikasi.

Walikota Parepare, Taufan Pawe dalam sambutannya mengapresiasi atas terpilihnya Kantong Kreatif Bacukiki sebagai inovasi terbaik kategori tata kelola pemerintahan tahun ini. Menurutnya, setiap SKPD memang seharusnya selalu membuat terobosan – terobosan terutama dalam hal tata kelola pemerintahan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kalau perlu tiap SKPD jangan hanya membuat terobosan tetapi lompatan – lompatan, karena kita ingin menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif dan efisien kepada masyarakat, terlebih dalam mendukung kota Parepare sebagai kota industri tanpa cerobong asap,” paparnya.

Sehingga, Taufan sangat mengharapkan agar para Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk selalu berinovasi dan berimprovisasi serta berkolaborasi agar visi Kota Parepare dapat terwujud. Melalui kesempatan ini pula, Taufan mengingatkan agar SKPD yang telah berhasil agar tetap meningkatkan kinerjanya.

“Tentunya saya tetap menginginkan inovasi yang ada sekarang ini tidak berhenti sampai disini, tetapi tetap melaporkan progress dan bagaimana dampaknya kepada masyarakat. Jangan hanya sebatas konsep, tetapi seberapa besar manfaat yang dirasakan oleh masyarakat luas,” jelas Taufan.

Sementara itu, Camat Bacukiki, Iskandar Nusu mengaku saat bersyukur atas terpilihnya Kecamatan Bacukiki sebagai inovasi terbaik kategori tata kelola pemerintahan Tahun 2018 ini. Menurutnya, penghargaan ini sebagai bentuk komitmennya untuk menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Bacukiki.

“Alhamdulillah ternyata inovasi dan terobosan yang kami lakukan melalui Kantong Kreatif Bacukiki, dapat diakui. Inovasi ini lahir karena keinginan kuat kami untuk mengembangkan dan membantu para pelaku ekonomi kreatif di Bacukiki agar keberadaannya dapat diketahui oleh masyarakat luas,” urainya.

Iskandar pun menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu sehingga inovasi Kantong Kreatif Bacukiki dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Terima kasih yang sebesar besarnya kami ucapkan kepada seluruh aparat dan jajaran Pemerintah Kecamatan Bacukiki, kepada tim kerja inovasi serta terkhusus kepada para pelaku ekonomi kreatif Bacukiki. Tak Lupa kepada masyarakat Bacukiki, tanpa adanya sinergitas dari seluruh stakeholder maka kami tidak akan ada apa-apanya,” tandas Iskandar.