Inovatif, Posyandu Remaja Mario Pulana Berikan Edukasi Kesehatan Dari Segi Medis dan Agamis

0
12

Parepare – Posyandu remaja Mario Pulana yang berada di RW 3 Sariminyak’E Kelurahan Galung Maloang Kecamatan Bacukiki sejak dilaunching pada awal bulan November tahun 2018, berbagai program dan kegiatan telah dilaksanakan khususnya dalam memberikan edukasi tentang kesehatan bagi para remaja. Tidak hanya pemberian edukasi kesehatan dengan pendekatan dari segi medis, akan tetapi juga pendekatan dari segi agamis pun diberikan.

Lurah Galung Maloang, Musdaliah menjelaskan bahwa program posyandu remaja yang dibuatnya itu sebagai salah satu wadah untuk memfasilitasi remaja dalam memahami permasalahan kesehatan remaja.

“Tentunya yang kami harapkan dari pembentukan posyandu remaja ini, yaitu pemberian edukasi kesehatan secara terpadu dengan pendekatan medis dan agamis, sebab memang hal tersebut harus terus sejalan untuk menciptakan generasi yang unggul dimasa depan,” jelas Musdaliah, Senin (01/07/2019).

Menurutnya, pendekatan agama sangat penting dalam masalah iklim dan lingkungan karena hampir seluruh manusia di dunia adalah pemeluk suatu agama oleh karenanya pendekatan agama menjadi sesuatu hal yang urgent.

“Jadi disela-sela kegiatan posyandu kita selipkan juga pemberian kultum tentang agama bagi remaja, kelihatannya kecil tapi secara tidak sadar manfaat dan efeknya itu besar. Dan memang untuk kader posyandu remaja ini, kita berdayakan remaja masjid sebagai kadernya,” tuturnya.

Sementara itu, Andi salah satu remaja masjid yang juga kader posyandu ini menilai positif keberadaan posyandu remaja ini, terlebih lagi bagi dirinya untuk dijadikan wadah baginya dalam mensyiarkan ajaran agama islam bagi rekan sebayanya.

“Karena dibutuhkan peran tidak hanya dari para pemuka agama dalam syiar ajaran islam, remaja pun diharapkan dapat ikut serta didalamnya, terutama untuk saling mengingatkan dan memberikan motivasi kepada sesamanya dalam hal ajaran agama untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.