Jaga Hubungan RTRW Dengan Pemerintah Tetap Solid, Bacukiki Intens Gelar Rakor

119

Parepare – Dalam rangka menjaga dan meningkatkan hubungan para Ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RTRW) dengan Pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan, agar tetap solid terutama dalam penyelenggaraan pemerintahan, Pemerintah Kecamatan Bacukiki intens menggelar Rapat Koordinasi yang melibatkan seluruh stakeholder.

Rapat koordinasi (Rakor) dilaksanakan rutin tiap triwulan yang dihadiri seluruh Ketua RW, RT, Imam Masjid, Imam Kelurahan, Pegawai Sara’ serta Babinsa dan Babinkantibmas se-Kecamatan Bacukiki. Dan usai pelaksanaan Rakor, dirangkaikan dengan penyerahan insentif.

Walikota Parepare, Taufan Pawe saat memimpin pelaksanaan Rakor untuk triwulan keempat ini mengungkapkan bahwa keberadaan RTRW sebagai wadah untuk memberdayakan masyarakat sehingga eksistensi lembaga ini perlu terus dibina, diperkuat dan diberdayakan secara berkesinambungan.

“Peran RTRW memang benar-benar dibutuhkan terlebih dalam menjaga kondusifitas di setiap wilayahnya masing-masing. Untuk itu, semangat gotong royong masyarakat perlu terus dipupuk disamping kualitas SDM RTRW tetap ditingkatkan,” ujar Taufan, di Lapangan Tenis Indoor Rujab, Senin (24/12/2018).

Lebih jauh dijelaskan Taufan, RTRW berperan sebagai garda terdepan kehidupan bermasyarakat sebab pelaksanaan program kerja RTRW dimplementasikan langsung dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“RTRW boleh dikatakan sebagai pemerintahan terkecil dalam lingkup negara Indonesia, serta merupakan organisasi dengan pemilihan ketua yang paling demokratis. Hal ini karena pelaksanaan pemilihan ketua RT/RW, ketua yang terpilih adalah sosok yang dekat dan dikenal masyarakatnya sehingga fungsi kontrol dari warga juga berjalan secara langsung,” jelasnya.

Oleh sebab itu, bukan tanpa alasan jika Pemerintah Kota Parepare saat ini intens mengkonsolidasikan kembali peranan RTRW terutama untuk mendukung program dan kegiatan yang dicanangkan Pemerintah Kota Parepare.

Terpisah, Camat Bacukiki, Iskandar Nusu mengharapkan agar hubungan para Ketua RW, RT maupun tokoh masyarakat lainnya khususnya di Kecamatan Bacukiki sebagai mitra kerja dari Pemerintah dapat tetap solid.

“Tentunya kita akan terus menyiapkan ruang bagi masyarakat dengan pemerintah agar tercipta sinergitas, sehingga akan sangat membantu tugas kelurahan dan kecamatan, apalagi dalam penanganan masalah-masalah kemasyarakatan yang dihadapi warganya”, tandas Iskandar.

Turut hadir pada pelaksanaan rakor ini, Wakil Walikota Parepare, Ketua DPRD, Ketua Tim Penggerak PKK, Sekretaris Daerah Kota Parepare, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, serta para Lurah se-Kecamatan Bacukiki.