Kue Tradisional “Bagea LA”

752

Bagea adalah kue tradisional khas yang biasanya berbentuk bulat dan warnanya coklat pucat dan salah satu olahan dari sagu. Kue ini biasanya mudah didapatkan di daerah Kota Palopo, akan tetapi saat ini sudah tersedia juga di Bacukiki. Pembuatnya adalah warga dari Kelurahan Watang Bacukiki yang berhasil membuat bisnis rumahan dari Bagea, bahkan sudah menjadi salah satu ole – ole Bacukiki.

Kue ini bisa dengan mudah ditemukan di Bacukiki, harga kue pun terjangkau dan memiliki rasa yang manis serta sangat pas disajikan dengan secangkir the atau kopi hangat. Meskipun bentuknya terlihat sederhana, namun ternyata membuat Bagea melalui proses tahapan yang cukup rumit dan lama. Walaupun demikian, Bagea yang dihasilkan dari industri rumahan ini sudah berjalan cukup lama. Satu pack kemasan Bagea biasanya dijual dengan kisaran Rp. 15.000,- hingga  Rp. 30.000,- tergantung banyaknya.

Cemilan tradisional seperti ini perlu terus dilestarikan hingga generasi mendatang agar warisan kuliner ini terus bertahan diantara terpaan makanan asing yang masuk di jaman modern ini.

 

Nama Pembuat       : Nurhayati

Alamat                       : Jl. Lappa Anging RT 001 RW 005 Kelurahan Watang Bacukiki Kecamatan Bacukiki

Contact Person      : 085342185251