Pengolahan Kunyit Bubuk

958

Kunyit atau yang biasa disebut dengan kunir mempunyai nama ilmiah Curcuma domesticamerupakan jenis empon-empon yang sudah sangat dikenal oleh orang Indonesia. Tanaman ini merupakan tanaman herba yang dapat hidup selama beberapa tahun di satu tempat dengan ketinggian tanaman sekitar 1,5 meter.

Hasil utama dari kunyit ini adalah umbi atau rimpangnya. Pada umumnya umbi kunyit terdiri dari umbi induk dan umbi cabang yang tumbuh ke segala arah.

Sekilas kunyit memang mirip jahe, tapi rempah berdaging kuning ini berukuran lebih kecil dengan rasa earthy dan agak pahit. Meskipun begitu, kunyit banyak digunakan sebagai bumbu untuk memperkaya rasa, pewarna alami makanan, hingga bahan utama seperti minuman jamu kunyit asam. Saking seringnya dipakai, tentunya rempah ini perlu jadi stok di dapur. Ada dua jenis kunyit di pasaran, yakni kunyit segar (utuh) dan bubuk kunyit.

Sajeriah adalah salah satu pembuat bubuk kunyit yang berdomisili di jl. Petta Cangge Bilalangnge Kelurahan Lemoe Kecamatan Bacukiki. Hasil produksinya dijual mulai dari harga Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 50.000 tergantung ukuran kemasannya. Bahkan hasil produksinya pun telah dipasarkan di pasar – pasar tradisional yang ada di Kota Parepare .

Nama Pembuat : Sajeriah

Alamat : Jl. Petta Cangge Bilalang Kelurahan Lemoe

Contact Person : 082192813209