TUMBUHKAN NASIONALISME, BACUKIKI GELAR UPACARA BENDERA DI HARI KEMERDEKAAN

0
29

Parepare – Peringatan Detik – Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya melalui pelaksanaan Upacara pengibaran bendera merah putih menjadi suatu tradisi bagi bangsa Indonesia yang wajib untuk dilakukan disemua tempat. Tidak terkecuali Pemerintah Kecamatan Bacukiki yang juga menggelar Upacara Bendera tingkat kecamatan, di lapangan Lemoe, Kamis (17/8/2017).

Bertindak selaku inspektur upacara, Camat Bacukiki, H. M. Iskandar Nusu dan sebagai komandan upacara, Sertu Suyuti dari Koramil Bacukiki. Untuk pembacaan teks proklamasi kemerdekaan dibacakan oleh Kepala UPTD Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kecamatan Bacukiki, Abd. Rahim dan pembacaan doa oleh Kepala KUA kecamatan Bacukiki, Amir Said.

Adapun pasukan pengibar bendera (Paskibra) tingkat kecamatan Bacukiki untuk tahun ini berasal dari siswa – siswi SLTP Negeri 7, sedangkan peserta aubade berasal dari siswa – siswi SD Negeri 37 serta SD Negeri 85 Parepare. Dan untuk personil drumb band dari siswa – siswi pondok pesantren Al Badar Bilalangnge kecamatan Bacukiki.

Upacara bendera tingkat kecamatan Bacukiki berlangsung hikmat. Diikuti ratusan peserta upacara yang berasal dari seluruh sekolah baik tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) yang ada dalam wilayah kecamatan Bacukiki. Tidak hanya itu, turut pula mengikuti upacara para pegawai dilingkungan kecamatan bacukiki, para guru serta perwakilan majelis taklim dan tokoh masyarakat se-kecamatan Bacukiki.

Iskandar yang ditemui usai memimpin upacara bendera mengungkapkan upacara bendera yang secara rutin dilaksanakan pada peringatan detik – detik proklamsi kemerdekaan RI ini dijadikan sebagai momentum untuk memperkokoh rasa Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan bagi seluruh kalangan masyarakat Bacukiki.

“Kami ingin membuat setiap individu di Bacukiki merasakan atmosfer yang sangat kuat saat mengikuti upacara bendera ini. Apalagi saat bendera merah putih dikibarkan, rasa nasionalisme kita pasti akan muncul,” paparnya.

Tidak hanya itu, dia pun mengharapkan melalui upacara ini sepatutnya kita lebih menghormati prosesnya dan berkorban sedikit demi menghormati jasa para pahlawan.

“Mari kita seharusnya lebih menghargai sebuah proses ketimbang hasilnya, hargailah proses perjuangan pahlawan kita agar kita lebih menghargai sebuah arti kata kemerdekaan,” tandas Iskandar.

Sementara itu, Muhammad Syukur salah satu legiun veteran yang hadir pada upacara bendera tingkat kecamatan mengaku sangat terharu dengan adanya kegiatan ini. Dia mengharapkan generasi – generasi muda dapat mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan positif serta dapat menghargai jasa para pahlawannya.

“Sejarah perjuangan tidak boleh sampai dilupakan karena sesungguhnya negara yang besar itu adalah negara yang menghormati dan menghargai jasa pahlawannya,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here