Visi Misi

VisiĀ  :

Kecamatan Terbaik dalam pelayanan kepada masyarakat yang maju, peduli, mandiri dan bermartabat

Pernyataan visi tersebut diharapkan dapat mendorong seluruh komponen yang ada di Kantor Kecamatan Bacukiki Kota Parepare untuk senantiasa bersinergi menciptakan perubahan demi kemajuan dan eksistensi Kantor Kecamatan Bacukiki Kota Parepare. Makna dari visi tersebut di atas adalah :

Kecamatan Terbaik dalam pelayanan mengandung makna bahwa Kantor Kecamatan Bacukiki Kota Parepare harus memiliki pandangan/wawasan jauh ke depan dengan kemampuan memahami kondisi lingkungan internal dan eksternal dan bereaksi secara cepat dan tepat atas segala bentuk pelayanan dan peluang. Kantor Kecamatan Bacukiki Kota Parepare harus mampu memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dan mengendalikan perubahan yang terjadi ke arah yang lebih baik dengan memanfaatkan segala sumberdaya yang dimiliki untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakatnya. Kecamatan Bacukiki mampu mengakomodir berbagai kebutuhan dan aspirasi masyarakat agar dapat menghasilkan perubahan yang lebih baik dan diterima oleh semua pihak. Oleh karena itu, keterlibatan masyarakat sangat penting. Kantor Kecamatan Bacukiki harus memandang masyarakat sebagai subyek pembangunan bukan sekedar objek sehingga masyarakat mengaktualisasikan dirinya sebagai bagian dari pembangunan.

Misi

Untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan maka Kantor Kecamatan Bacukiki Kota Parepare merumuskan 3 (tiga) misi yang didalamnya mengandung tujuan dan sasaran organisasi yang akan dicapai dalam 5 (lima) tahun mendatang.Rumusan misi tersebut, adalah :

  1. Peningkatan pelayanan secara cepat, tepat dan terbuka Bersikap tanggap dalam memberikan pelayanan prima kepada semua pihak secara cepat, tepat dan terbuka terhadap laporan dan keluhan dari masyarakat sehingga masyarakat benar-benar merasa terlayani dengan baik.
  2. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia aparatur pelayanan. Peningkatan pelayanan kepada masyarakat tentu erat kaitannya dengan aparatur yang ada di lingkungan kantor, kapasitas aparatur sangat menunjang peningkatan pelayanan dimana seorang aparatur harus lebih tanggap terhadap kebutuhan dan keluhan masyarakat. Meningkatkan kapasitas dan kemampuan sumber daya manusia, baik personil maupun kelembagaan merupakan upaya untuk mewujudkan pelayanan prima kepada semua pihak.
  3. Pengembangan sarana dan prasarana pelayanan. Ketersediaan SDM aparatur pelayanan yang profesional perlu didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai untuk menghasilkan pelayanan yang berkualitas dan responsif terhadap keluhan dan kebutuhan masyarakat. Pengembangan sarana dan prasarana dimaksudkan bukan hanya berupa gedung beserta peralatan dan perlengkapannya, tetapi juga mencakup pengembangan teknologi informasi dalam penyediaan data dan informasi kepada masyarakat.