JELAJAH ALAM BACUKIKI MERIAHKAN HUT RI KE-72

Parepare – Pemerintah Kecamatan Bacukiki punya cara tersendiri dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu dengan menggelar kegiatan Jelajah Alam Bacukiki.

Kegiatan yang dilaksanakan untuk lebih memperkenalkan alam Bacukiki kepada masyarakat luas ini diikuti sedikitnya kurang lebih tiga puluh tim dimana tiap tim terdiri dari tujuh orang peserta yang akan menempuh rute yang telah ditetapkan oleh panita pelaksana kegiatan. Peserta dilepas langsung Camat Bacukiki, H. M. Iskandar Nusu yang didampingi Kapolsek Bacukiki, Danramil Bacukiki serta perwakilan pihak sponsor yaitu Pimpinan Dest Net, Supardi.

Iskandar dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan Jelajah Alam Bacukiki merupakan salah satu agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya khususnya dalam memeriahkan HUT Proklamasi RI pada tingkat kecamatan.

“Kegiatan ini memang sengaja kami gelar bahkan sudah menjadi agenda tahunan yang wajib dilaksanakan, dan rutenya selalu kami ubah setiap tahunnya. Ini agar seluruh wilayah Bacukiki dapat tercover,” paparnya.

Dijelaskan Iskandar, alam wilayah kecamatan Bacukiki sebenarnya menyimpan banyak potensi khususnya pemandangan alam dan panoramanya yang indah untuk dinikmati. Apalagi Bacukiki memang dikenal sebagai salah satu wilayah di Parepare yang cukup bersejarah dan pernah  berdiri kerajaan sejak abad ke-16.

“Potensi – potensi Inilah yang kami mau explore selain potensi alam bacukiki kepada peserta khususnya peserta yang bukan warga Bacukiki. Karena peserta kegiatan ini juga ada yang diluar warga bacukiki,” beber Iskandar.

Fauzan salah satu peserta yang tergabung dalam tim SMAN 2 Parepare yang ikut kegiatan jelajah alam bacukiki ini mengaku sangat menikmati kegiatan ini.

“Kami sangat senang bisa ikut kegiatan ini, karena selain bisa menguji adrenalin melalui kegiatan ini juga kami jadi tau kalau ternyata di Bacukiki ada pemandangan yang indah,” akunya.

Lain halnya, Ilham peserta yang tergabung dalam tim GAP Kominfo yang menjadikan ajang jelajah alam ini sebagai ajang dalam mengisi kemerdekaan melalui kegiatan yang positif.

“Intinya kami juga ingin merasakan perjuangan para pahlawan – pahlawan kita terdahulu dalam merebut kemerdekaan, salah satunya dengan kegiatan jelajah alam,” tandasnya.

Sebagai informasi, Jelajah Alam Bacukiki yang untuk tahun ini digelar keempat kalinya mempunyai rute kurang lebih 6.7 km dan terdapat 6 posko. Untuk melewati posko – posko tersebut peserta melalui jalan setapak, pegunungan dan pematang sawah. Tiap tim yang mengikuti kegiatan ini diberikan kuisioner yang harus mereka jawab, disamping penilaian kekompakan dan kedisiplinannya dalam tim, kostum serta yel-yel.

 

Post author

Leave a Reply